Customations

Custom informations mengenai komputer, gadget dan seputar teknologi terbaru.

Tips Memilih Laptop Sesuai Budget dan Kebutuhan

Tips Memilih Laptop.

Halo kawan!. Laptop, notebook atau netbook memang sudah menjadi suatu kebutuhan yang hampir mendasar. Entah itu kebutuhan dalam bidang pekerjaan, belajar bahkan hiburan keluarga. Memang tak dapat dipungkiri, keberadaannya seakan sudah mendarah daging dengan kegiatan sehari-hari. Laptop sudah menjadi bagian dari kehidupan setiap individu terutama masyarakat modern. Nampaknya kemajuan jaman dan perkembangan teknologi informasi yang menuntut kehadiran PC di tengah keluarga semakin menjadi kebutuhan.
Tips Memilih Laptop Sesuai Budget dan Kebutuhan
Nah kawan, jika anda kawan kawan semua berencana untuk membeli laptop, mungkin ulasan-ulasan dibawah ini dapat menginspirasi. Mari kita simak bersama pilihan apa saja yang patut kita pertimbangkan untuk memilih laptop sesuai budget dan kebutuhan kita.

Tips Memilih Laptop Sesuai Budget dan Kebutuhan.

  • Berdasarkan Budget.
Anda ingin membeli laptop namun terbentur budget, saran saya pilihlah brand lokal. Biasanya brand lokal dibanderol dengan harga yang lebih rendah dari brand internasional. Jangan salah, brand lokal biarpun harganya lebih rendah namun spesifikasinya tidak kalah dengan laptop brand internasional. Anda tahu tidak, brand lokal yang sering kita pandang sebelah mata ternyata memiliki sparepart dengan pabrikan yang sama seperti sparepart brand internasional lho. Tak percaya? lihat saja hardware-nya, prosesor, chipset, memory dan harddisk yang terdapat didalamnya memiliki merk yang sama dengan brand internasional.
  • Berdasarkan Kebutuhan.
Kebutuhan seperti apa yang mengharuskan anda untuk memiliki laptop? Sebaiknya kenali dulu sebelum membeli. Jika anda seorang pekerja kantoran, maka laptop dengan spesifikasi yang terbilang biasa pun sudah cukup. Lain lagi jika anda memiliki hobi bermain game, maka spesifikasi yang ditekankan adalah laptop yang memiliki kartu grafis yang mumpuni seperti nVidia atau AMD Radeon. Sedangkan jika anda bergerak dalam bidang grafis seperti grafis designer dan video editor, spesifikasi yang biasa-biasa tidak akan mencukupi. Anda haruslah memilih laptop dengan spesifikasi tinggi terutama prosesor, memori dan kartu grafis yang berkualitas.
  • Berdasarkan Merk.
Pilihan ini mungkin berlaku bagi anda yang fanatis terhadap merk tertentu. Jika menurut anda merk adalah segalanya, memang tidak ada salahnya. Produsen tidak akan berani membohongi konsumen dikarenakan mereka pun perlu menjaga reputasi dan kelangsungan bisnisnya. Namun disamping merk perhatikan juga spesifikasinya agar tidak menyesal di kemudian hari. Merk terkenal sudah pasti menghadirkan barang yang berkualitas, dan yang pasti kesesuaian akan kebutuhan tentunya menjadi prioritas utama.
  • Berdasarkan Spesifikasi.
Laptop dengan spesifikasi bagaimana yang anda inginkan? Pilihan ini erat kaitannya dengan kebutuhan. Anda bisa mengetahui jenis prosesor, chipset grafis, memori, harddisk dan kelengkapan lainnya dari website vendor yang berkaitan, disana biasanya tertera spesifikasi yang lengkap. Selain itu jaman sekarang sudah banyak website yg me-review berbagai produk laptop disertai skor hasil uji coba.
  • Berdasarkan Operating System.
Pilihan ini mungkin tergantung pada keahlian dan kebiasaan anda. Di dunia PC pada umumnya terdapat tiga pilihan sistem operasi jika dibedakan berdasarkan jenisnya. Diantaranya adalah laptop yang berbasis Windows, Macintosh dan UNIX (Linux). Pilihlah sesuai kebutuhan dan kebiasaan anda memakainya.
  • Berdasarkan Ukuran.
Ukuran atau dimensi laptop itu sendiri bisa menjadi pertimbangan sebelum anda membelinya. Jika anda termasuk orang dengan mobilitas tinggi, ukuran yang lebih kompak akan lebih tepat. Selain ringan, ringkas juga tidak menghabiskan banyak tempat dan mudah untuk dibawa bepergian. Pilihan lainnya adalah laptop yang bedimensi lebih tipis, atau istilah jaman sekarang lebih dikenal dengan ultrabook. Harganya memang terbilang mahal namun untuk urusan mobilisasi dan sisi kinerjanya memang dapat diandalkan. Sementara bagi anda yang bergelut di bidang multimedia ataupun grafis biasanya menginginkan ukuran display yang lebih besar, semua tergantung pilihan dan ketersediaan budget.

Nah bagaimana? panduan memilih laptop sesuai budget dan kebutuhan yang sudah kita uraikan diatas hanyalah sekelumit hal yang dapat menjadi pertimbangan. Semua pilihan ada di tangan anda tentunya. Jika menurut anda kawan kawan semua tulisan ini bermanfaat, silahkan di-share. Terima kasih, salam Customations!.
loading...

0 Komentar Tips Memilih Laptop Sesuai Budget dan Kebutuhan

Post a Comment
Back To Top