Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook - Customations

Customations

Custom informations mengenai komputer, gadget dan seputar teknologi terbaru.

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Laptop, Notebook dan Netbook.

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, apa sebenarnya perbedaan  dari laptop, notebook dan netbook, mengingat dari segi fisik semuanya terlihat hampir sama, hanya saja ukurannya yang berbeda. Tak sedikit pula orang yang menganggap semuanya sama saja tergantung kebiasaan menyebut perangkat tersebut sebagai apa. Dilihat dari berbagai referensi dapat ditarik penjelasan singkat berikut ini.

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook.

  • Laptop
Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook.
Ada baiknya kita melihat asal usul kata laptop. Pada awalnya kata "laptop" hadir bersamaan dengan kata "desktop" dan "palmtop". Untuk lebih jelasnya mari kita telusur dahulu menurut asal kata-nya.
  1. Desktop berasal dari kata "desk" = meja, "top" = di atas. Kata desktop pada mulanya ditujukan untuk perangkat komputer yang digunakan diatas meja, tidak mudah untuk dipindah-pindahkan atau tidak portable dan power supply sebagai satu-satunya tenaga yang mengoperasikan perangkat ini. 
  2. Laptop berasal dari kata "lap" = pangkuan, "top" = di atas. Kata laptop pada mulanya ditujukan untuk perangkat komputer yang bisa digunakan diatas pangkuan (walaupun dalam penggunaannya seringkali di atas meja), mudah dibawa dan dipakai dimanapun karena menggunakan daya baterai.
  3. Palmtop berasal dari kata "palm" = genggaman, "top" = di atas. Kata palmtop pada mulanya ditujukan untuk  perangkat komputer yang dapat digenggam, ringan dan memiliki dimensi yang lebih kecil. Perangkat yang dimaksud pada awalnya ada dua jenis yakni PDA ( Personal Digital Assistant ) dan UMPC ( Ultra Mobile PC ). Seiring perkembangan jaman, smartphone dan tablet bisa dimasukkan ke dalam kategori ini.
Jika dilihat dari asal usul katanya, laptop merupakan kata umum untuk perangkat komputer portable dan secara otomatis notebook dan netbook termasuk dalam keluarga laptop.
Sedangkan jika dilihat secara kronologis, laptop dianggap sebagai pelopor jenis komputer jinjing dimana kesannya tebal dan berat, harga lebih mahal dan memiliki fitur yang lebih mumpuni. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah, tergantung orang yang menafsirkannya.
  • Notebook
Kata notebook memberikan kesan bahwa perangkat ini dimaksudkan untuk penggunaan kantoran mengingat notebook sendiri bisa diartikan sebagai buku catatan. Dimana penggunaannya sebatas membuat laporan, presentasi, data-data korporat maupun pribadi dan sebagainya, tidak ditujukan untuk task yang berat seperti game 3D, pengolah grafis, pengolah video dan sebagainya. Anggapan ini tidaklah benar, karena yang dimaksud dengan notebook menurut vendor-vendor pengusungnya adalah perangkat komputer jinjing yang memiliki ukuran layar 13"-18", ini bisa dilihat dari website vendor-vendor yang mengeluarkan produk dengan kategori notebook. Tak sedikit notebook yang dijejali berbagai fitur seperti video card pihak ketiga dan dukungan prosesor yang berkinerja tinggi, ini artinya notebook dengan spesifikasi tinggi dapat diandalkan untuk task "berat" sekali pun. Dari sisi hardware notebook lebih bertenaga namun memerlukan daya yang lebih besar, karenanya baterai notebook "lebih cepat habis" bila dibandingkan dengan netbook.
  • Netbook
Sesuai namanya, netbook pada mulanya ditujukan untuk task yang tidak terlalu berat seperti browsing, berkirim e-mail, chatting, presentasi, memutar video hingga game 3D ringan. Biasanya netbook menggunakan prosesor berdaya rendah semisal ULV (Ultra Low Voltage) dengan tujuan menghemat daya, layar dengan ukuran 10"-12" dan kartu grafis terintegrasi (onboard). Tak heran baterai netbook bisa bertahan lebih lama bila dibandingkan dengan notebook.

Ada pula yang membedakan laptop, notebook dan netbook dari sisi hardware seperti drive optik semisal CD/DVD-RW atau Blue-ray, namun itu tidak menjadi jaminan. Netbook memang tidak memiliki drive optik karena dimensinya yang kecil, tapi tidak semua komputer portable yang tidak menyertakan drive optik dikategorikan sebagai netbook, jaman sekarang banyak notebook yang berdimensi besar namun tidak menyertakan drive optik. Alasannya mungkin karena penggunaannya yang mulai berkurang, menekan harga jual hingga hadirnya hardware-hardware eksternal.
Jika dilihat dari asal katanya dapat disimpulkan bahwa notebook dan netbook termasuk ke dalam keluarga laptop. Hanya saja jamannya yang berbeda mengingat saat istilah desktop, laptop dan palmtop muncul, istilah notebook dan netbook belum digunakan untuk menyebut perangkat komputer jinjing atau portable.

loading...

1 Komentar Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Anonymous said...

Nice post.!
:)

Post a Comment
Back To Top