Customations

Custom informations mengenai komputer, gadget dan seputar teknologi terbaru.

Cara Memperbaiki 'Stuck Pixel' dan 'Dead Pixel' Menggunakan Software pada Layar Monitor LCD

'Stuck Pixel' dan 'Dead Pixel' Repair Software.

Halo kawan, setelah sebelumnya kita membahas tentang Cara Memperbaiki 'Stuck Pixel' pada Layar Monitor LCD Secara Manual, pada pembahasan kali ini kita akan mencoba memperbaiki stuck pixel dan dead pixel layar LCD menggunakan software. Software yang kita gunakan disini berlisensi freeware setidaknya sampai saat tulisan ini dibuat dan dapat didownload langsung dari website developernya.

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mengatasi stuck pixel menggunakan Rizonesoft Pixel Repair. Sampai saat ini versi software tersebut adalah 0.6.9.691, ukuran file-nya sendiri relatif kecil yaitu kurang dari 2,5MB.

Cara Memperbaiki 'Stuck Pixel' dan 'Dead Pixel' Menggunakan Rizonesoft Pixel Repair

Untuk dapat menggunakan software ini, kita harus mendownloadnya terlebih dahulu di website pengembangnya yaitu Rizonesoft. Setelah file download-nya eksis, kita bisa langsung menggunakan software ini tanpa perlu melakukan proses instalasi. Berikut adalah langkah-langkahnya.
  1. Download Rizonesoft Pixel Repair.
  2. Setelah file terdownload, ekstrak terlebih dahulu ke folder yang diinginkan dikarenakan hasil download masih dalam bentuk file terkompresi.
  3. Setelah file ter-ekstrak, jalankan file PixRepair.
    Cara Memperbaiki Stuck Pixel Menggunakan Rizonesoft Pixel Repair
  4. Untuk mengecek stuck pixel yang mungkin terdapat dalam monitor kita, pilih salah satu tombol pengecekan warna pada bagian Dead Pixel Locator.
  5. Setelah tombol pengecekan warna di-klik, akan tampil warna yang bersangkutan dalam mode layar penuh, tekan tombol 'arrow' di keyboard untuk berpindah antar warna. Untuk keluar dari mode tersebut cukup tekan tombol ESC.
  6. Cari dead pixel dan stuck pixel dengan cara berpindah antar warna. Dead pixel akan menampilkan warna putih atau hitam saja. Sedangkan stuck pixel akan menampilkan salah satu warna dasar RGB. Jika stuck pixel terjadi pada warna biru, maka akan terlihat ketika layar menampilkan warna selain biru, dan begitu pula dengan warna yang lain.
  7. Jika yang teridentifikasi merupakan stuck pixel, kemungkinan berhasil akan lebih besar. Namun jika yang teridentifikasi merupakan dead pixel, kemungkinan berhasil cenderung tipis dan perlu perbaikan manual akan tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba dengan metode ini.
  8. Klik tombol Go! untuk memulai proses. Layar akan mengalami 'flash' atau berkedip saat proses dijalankan dan lihat hasilnya setelah proses selesai.
Rizonesoft Pixel Repair ini bersifat freeware dan open source. Silahkan berkunjung ke website pengembangnya untuk mengetahui detail lebih lanjut. Penggunaan software ini hendaknya hanya untuk penggunaan pribadi dan tidak untuk tujuan komersil.
Cara Memperbaiki Stuck Pixel Menggunakan Rizonesoft Pixel Repair
Semoga pembahasan kita kali ini tentang Cara Memperbaiki 'Stuck Pixel' dan 'Dead Pixel' Menggunakan Software pada Layar Monitor LCD dapat bermanfaat untuk kawan-kawan Customations dan silahkan di-share sekiranya berkenan.

Baca juga : 
  1. Cara Memperbaiki 'Stuck Pixel' pada Layar Monitor LCD Secara Manual
  2. Tips dan Cara Merawat Layar Monitor LCD dan Monitor LED
loading...

0 Komentar Cara Memperbaiki 'Stuck Pixel' dan 'Dead Pixel' Menggunakan Software pada Layar Monitor LCD

Post a Comment
Back To Top