Customations

Custom informations mengenai komputer, gadget dan seputar teknologi terbaru.

Tips dan Cara Merawat Layar Monitor LCD dan Monitor LED

Merawat Layar Monitor LCD dan LED.

Halo kawan, monitor LCD maupun monitor LED memang sudah menjadi suatu trend di jaman sekarang dan menggantikan eksistensi monitor CRT yang telah lebih dahulu dan lebih lama digunakan pada masanya. Kehadiran monitor LCD dan monitor LED telah menggeser eksistensi monitor CRT dikarenakan oleh beberapa kelebihan yang dimilikinya. Desainnya yang stylish, kompak serta tidak menghabiskan banyak ruang nampaknya menjadi alasan utama. Selain itu, monitor LCD dan monitor LED memerlukan konsumsi daya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan monitor CRT.
Cara Merawat LCD Screen
Agar monitor LCD maupun monitor LED dapat memiliki masa pakai yang lebih panjang, tentunya perawatan rutin harus dilakukan. Tentunya hal ini berdampak juga terhadap kenyamanan saat menggunakannya. Karena barang apapun yang tak pernah dirawat akan cepat usang dan kurang sedap dipandang. Merawat monitor LCD maupun monitor LED sebenarnya tidak susah, asalkan kita telaten dan memperlakukannya seperti semestinya. Perawatan juga merupakan salah satu bentuk penghematan dikarenakan merawat tentunya lebih baik daripada membeli baru, kecuali jika barang tersebut memang sudah tidak dapat digunakan lagi.

Cara Merawat Monitor LCD dan Monitor LED.

Sebagai langkah perawatan, berikut adalah beberapa tips yang tentunya mudah untuk dijalankan dan tidak memerlukan keahlian khusus.

  • Pasang Screen Protector.

Screen protector adalah lapisan pelindung yang terbuat dari bahan palstik khusus yang relatif kuat. Screen protector melindungi layar LCD / LED dari debu dan goresan yang mungkin timbul selama pemakaian. Screen protector banyak dijual di toko aksesoris komputer dengan harga yang relatif murah.

  • Bersihkan Secara Rutin.

Pembersihan monitor LCD / LED dapat dilakukan dengan menggunakan kemoceng, lakukan dengan hati-hati jangan sampai membentur bagian panel display dikarenakan panel display bersifat sensitif. Untuk membersihkan panel display LCD / LED dapat menggunakan tisu basah, usap secara hati-hati hingga debu yang menempel terangkat perlahan dan menempel di tisu basah. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan screen cleaner yang banyak dijual di toko aksesoris komputer.

  • Cabut Steker Bila Tidak Digunakan.

Jika monitor LCD / LED tidak digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama, lebih baik steker atau plug listrik monitor tersebut dicabut. Selain untuk menghemat penggunaan listrik, hal ini juga bertujuan agar power supply yang terdapat pada monitor dapat 'beristirahat' dan tidak terus-terusan bekerja. Tentunya berpengaruh juga pada masa pakai monitor sehingga bisa lebih awet.

  • Jauhkan Dari Medan Magnet.

Medan magnet baik medan elektromagnetik maupun magnet tetap dapat mempengaruhi matriks LCD maupun komponen lain didalamnya. Maka dari itu jauhkan monitor dari benda-benda yang mengandung medan magnet dan medan elektromagnetik yang kuat.

  • Jauhkan dari Sumber Panas.

Sumber panas sedikit banyaknya berpengaruh terhadap monitor LCD / LED. Jauhkan monitor dari sumber panas seperti lampu pijar, penggunaan pengering rambut maupun benda-benda yang menjadi sumber panas lainnya.

  • Hindari Kelembaban dan Air.

Kelembaban yang tinggi dapat mempengaruhi perangkat elektronik. Jauhkan perangkat elektronik dari kelembaban dan uap air apalagi tumpahan air. Karena air walaupun dalam jumlah sedikit dapat merusak perangkat elektronik termasuk monitor LCD / LED.

Penggunaan dan perawatan yang baik tentunya dapat memperpanjang masa pakai semua peralatan elektronik. Semoga pembahasan mengenai Tips dan Cara Merawat Layar Monitor LCD dan Monitor LED kali ini dapat memberikan manfaat. Silahkan di-share sekiranya dapat menjadi referensi yang baik bagi kawan-kawan Customations. Jangan lupa baca pula pembahasan mengenai Cara Memperbaiki Layar Monitor LCD.
loading...

0 Komentar Tips dan Cara Merawat Layar Monitor LCD dan Monitor LED

Post a Comment
Back To Top