Customations

Custom informations mengenai komputer, gadget dan seputar teknologi terbaru.

Menambah Item ke Sub Menu "send to"

Jika anda seorang pengguna Windows mungkin tak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Apalagi bagi anda yang sering bekerja dengan melibatkan “removable drive” baik itu memory card ataupun flashdisk/flashdrive. Menu send to terdapat pada context menu atau pop-up menu yang muncul ketika anda meng-klik kanan sebuah item baik itu file maupun folder. Secara default sub menu send to hanya menampilkan item-item yang umum seperti folder Documents, removable media, zipped folders dan sebagainya.

Sub Menu "send to" Pada Context Menu atau Pop Up Menu

Sub Menu Send To pada Context Menu
Sub Menu Send To pada Context Menu
Namun ada kalanya kita perlu menyalin file atau berkas ke folder tertentu yang diinginkan. Jika kita sering terlibat dengan aktifitas seperti ini mungkin kita akan berpikir tentang suatu cara yang mungkin akan lebih praktis. Salah satunya yaitu dengan menambahkan item ke menu send to yang menuju ke sebuah folder tujuan yang kita inginkan. Semisal kita hendak menyalin data dari flashdisk ke folder penyimpanan data kita.

Cara Menambah Item ke Sub Menu "send to"

Untuk menambah item ke menu send to caranya sangatlah mudah. Folder send to terdapat di direktori yang tersembunyi atau hidden. Untuk mengaksesya, kita perlu menampilkan dulu file dan folder yang ber-attribute hidden.  Dari jendela windows explorer klik Organize > Folder and search options, pada pop-up windows yang muncul arahkan ke tab View, dan klik pilihan  “Show hidden files, folders and drives”  kemudian klik OK. Folder  SendTo  terdapat di direktori 

%userprofile%\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\SendTo.

Selanjutnya di folder SendTo tinggal kita buat sebuah shortcut atau jalan pintas baru ke folder tujuan sekemauan anda, misalnya disini saya menggunakan folder Temporary yang terletak di drive D: ( “D:\Temporary” ). Anda bisa membuat beberapa shorcut sekehendak anda sesuai keperluan setiap saat. Dengan cara ini proses menyalin data ke folder tujuan yang kita favoritkan (semoga) bisa lebih cepat tanpa harus melakukan Copy Paste secara manual.
Sub Menu Send To pada Context Menu
Sub Menu Send To pada Context Menu
Semoga artikel Menambah Item ke Sub Menu "send to" ini bisa membantu dan memberi manfaat, Customations.
loading...

0 Komentar Menambah Item ke Sub Menu "send to"

Post a Comment
Back To Top