Customations

Custom informations mengenai komputer, gadget dan seputar teknologi terbaru.

Philae, Wahana Antariksa Pertama Sukses Mendarat di Sebuah Komet

wahana antariksa philae

komet 67p Churyumov–Gerasimenko
Halo kawan, ruang angkasa memang tanpa batas. Walaupun seorang manusia mengorbankan seluruh masa hidupnya untuk mengeksplorasi antariksa, itu takkan cukup. Perjalanan beberapa puluh tahun cahaya yang ditempuh untuk mengelilingi antariksa memerlukan beberapa generasi untuk mengarunginya. Meski begitu, antusiasme menjelajahi ruang angkasa tak pernah menyurutkan hasrat setiap ilmuwan bahkan orang awam sekalipun.

Pada 14 November tahun ini, sebuah wahana antariksa milih ESA (European Space Agency) berhasil membuat rekor pertama dengan keberhasilannya mendarat di sebuah komet pada pukul 16.00 GMT dengan bantuan Rosetta sebagai pesawat 'cargo'nya. Wahana antariksa otonom Philae mendarat di komet 67P / Churyumov-Gerasimenko di lokasi pendaratan yang disebut sebagai Agilika. Wahana antariksa Philae dan komet tersebut berjarak 310 juta mil dari bumi, maka dibutuhkan waktu sekitar 28 menit 20 detik bagi sinyal laporan yang dikirimkan dari Philae untuk diterima di stasiun kontrol Darmstadt Jerman.

Philae yang berbobot sekitar 100 kg dan berukuran sebesar lemari es tersebut diaktifkan sehari sebelum pendaratan dan mendarat dengan selamat pada kecepatan 1 meter per detik. Kecepatan landing yang begitu rendah tersebut dikarenakan medan gravitasi dari komet 67P sangan kecil dengan rasio 1/100.000 dibanding Bumi. Untuk mencegahnya kembali terlontar ke luar angkasa, Philae yang menggunakan sistem tripod menancapkan 'kaki-kaki'nya pada komet tersebut dengan cara mengebor permukaan komet. Pendaratan memang sudah diperhitungkan sehingga Philae mendapat cukup sinar matahari sebagai sumber daya untuk kelangsungan aktifitasnya. ESA melaporkan bahwa Philae telah mulai menangkap gambar dan panorama hingga berlanjut pada misi 2,5 hari dan memanfaatkan total 10 instrumen. Rentang waktu dapat ditingkatkan jika panel surya cukup menerima sinar matahari untuk mengisi baterai Philae.

Philae, Wahana Antariksa Pertama Sukses Mendarat di Sebuah Komet.



Sumber : wonderfulengineering.com , wikipedia.org
loading...

0 Komentar Philae, Wahana Antariksa Pertama Sukses Mendarat di Sebuah Komet

Post a Comment
Back To Top