Customations

Custom informations mengenai komputer, gadget dan seputar teknologi terbaru.

Cara Membuat Bootable USB Drive untuk Instal Windows

Halo kawan Customations, menginstal Windows memang terbilang mudah hampir semudah menggunakannya. Selama ini, metode untuk menginstal Windows secara konvensional adalah dengan melalui drive optik atau drive DVD. Namun, salah satu kelemahan metode ini adalah keping DVD yang menjadi sumber file instalasi haruslah mulus, dalam artian tidak boleh terdapat goresan-goresan yang dapat mengganggu kinerja optik DVD drive. Semakin sering DVD disk dipergunakan, kualitasnya akan semakin menurun dan proses instalasi pun semakin memakan waktu. Supaya lebih mudah, alternatif instalasi Windows adalah melalui bootable USB drive atau Flashdisk. Cara ini memang bukanlah cara baru, dan sudah ribuan artikel yang membahasnya baik secara otomatis menggunakan program tertentu maupun secara manual. Keuntungannya adalah proses instalasi memerlukan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan drive optik.

Membuat Bootable USB Drive Secara Manual untuk Instal Windows.

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membuat bootable USB drive secara manual. Cara ini kadang diperlukan suatu saat, misalnya jika kita menginstal di tempat lain yang memiliki keterbatasan peralatan dan fasilitas. Saya pernah mengalaminya saat menginstal Windows di tempat teman saya dan disana belum ada koneksi internet yang bisa digunakan untuk mendownload program pembuatan bootable USB drive mengingat laptop / netbooknya masih dalam kondisi baru. Selain itu, netbook tidak memiliki tray DVD, dan saya juga tidak memiliki DVD eksternal. Satu-satunya cara adalah melalui bootable USB drive yang saya buat secara manual dan sudah biasa saya pergunakan sebelumnya.

Langkah-langkah Membuat Bootable USB Drive.

Untuk membuat bootable USB drive secara manual, kita akan menggunakan Command Prompt yang ada di Windows. Berikut adalah langkah-langkah membuat bootable USB drive sebagai media instalasi Windows. Flashdisk yang digunakan untuk media instalasi windows minimal berkapasitas 4 GB, disini saya menggunakan flashdisk berkapasitas 2 GB hanya sebagai contoh langkah-langkah pembuatannya saja dikarenakan ada beberapa kendala non teknis pada flashdisk 4 GB saya. :D

Menggunakan DiskPart.

  1. Klik Start Menu, ketikkan 'cmd' pada kotak start search. Pada hasil pencarian yang muncul, klik kanan 'cmd' dan pilih 'Run as administrator'.
    Membuat Bootable USB Drive untuk Instal Windows
  2. Ketik 'diskpart' pada cmd dan tekan Enter, tunggu beberapa saat sampai Windows selesai menginisialisasi program Diskpart.
  3. Setelah program DISKPART berjalan, ketikkan 'list disk' kemudian tekan Enter. Disana akan ditampilkan disk yang aktif beserta ukuran volumenya, Disk 0 untuk harddisk dan Disk 1 untuk removable media dalam hal ini USB drive atau flashdisk.
  4. Ketik 'select disk 1' lalu tekan Enter, artinya kita memilih Disk 1 yaitu flashdisk yang akan kita proses ke step berikutnya.
  5. Ketik 'clean' kemuadian Enter. Menghapus seluruh data yang terdapat didalam flashdisk.
  6. Ketik 'create partition primary' kemudian Enter. Membuat partisi primer yang akan di-set bootable yang selanjutnya dikenali Windows sebagai 'partition 1'.
  7. Ketik 'select partition 1' kemudian Enter. Memilih partisi 1 yang barusan kita buat.
  8. Ketik 'active' kemudian Enter. Mengubah statuas partisi tersebut menjadi partisi aktif.
  9. Ketik 'format fs=ntfs' kemudian Enter. Mengubah file system menjadi NTFS.
  10. Ketik 'exit' kemudian Enter. Keluar dari program DISKPART namun jangan ditutup dulu jendela Command Prompt-nya.

Membuat Boot Sector.

Masih pada program Command Prompt, kali ini kita akan membuat boot sector dengan menyalinnya dari DVD instalasi. Kita asumsikan saja bahwa flashdisk / USB drive berada pada drive D: dan DVD installer berada pada drive F:. Langkah pertama, kita ubah direktori Command Prompt untuk mengarah ke drive DVD installer.
  1. Secara default, direktori aktif untuk Command Prompt yang dijalankan melalui Administrator berada pada path C:\Windows\System32>, kita akan mengubahnya ke drive F: dengan cara ketik 'f:' kemudian Enter.
  2. Setelah direktori aktif mengarah ke F:, ketik 'cd boot' kemudian tekan Enter. Direktori aktif akan berubah menjadi F:\boot>.
  3. Ketik 'bootsect /nt60 d:' kemudian Enter. Membuat boot sector di USB drive yang berada di drive D:.
  4. Ketik 'exit' kemudian tekan Enter untuk keluar dari program Command Prompt. Sampai disini kita sudah berhasil membuat bootable USB drive dan flashdisk sudah siap dipergunakan sebagai boot media.

Menyalin File Instalasi.

Untuk menginstal Windows dari bootable USB drive, kita hanya perlu menyalin seluruh file instalasi yang terdapat pada DVD installer ke flashdisk. Caranya, buka kembali Command Prompt seperti pada langkah-langkah sebelumnya. Setelah terbuka, ketikkan 'xcopy f:\*.* d:\ /E /H /F' kemudian tekan Enter. Tunggu sampai seluruh file didalam DVD installer tersalin ke flashdisk. Sekarang bootable USB drive sudah siap dipergunakan untuk menginstal Windows dari flashdisk.

loading...

0 Komentar Cara Membuat Bootable USB Drive untuk Instal Windows

Post a Comment
Back To Top