Customations

Custom informations mengenai komputer, gadget dan seputar teknologi terbaru.

Cara Mudah Memblokir Website Tertentu di Komputer Windows

Memblokir Website Tertentu.

Halo kawan, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang restriction atau pembatasan pada komputer yang kita setting untuk memblokir situs web tertentu. Pembatasan ini berguna untuk mencegah seorang user mengakses website tertentu terutama website yang belum terblokir oleh operator. Hal ini mungkin akan sangat berguna untuk mengawasi user terutama anak-anak agar terhindar dari konten-konten terlarang seperti pornografi dan perjudian. Cara ini bekerja pada komputer yang tidak terhubung ke server lokal seperti PC di rumah yang terhubung langsung ke internet melalui koneksi modem seluler ataupun ADSL. Untuk PC yang terhubung ke jaringan lokal, sebaiknya di setting di PC utama yang bertindak sebagai server.

Cara Mudah Memblokir Website Tertentu di Komputer Windows.

Cara Mudah Memblokir Website Tertentu di Komputer Windows
Untuk memblokir situs-situs web yang tidak kita inginkan untuk tampil di browser kita, berikut ini ada beberapa langkah mudah yang dapat kita terapkan. Disini kita akan memodifikasi file 'hosts' yang merupakan file tanpa ekstensi namun dapat dibaca oleh program notepad sebagai file text. File 'hosts' sendiri letaknya berada di path C:\Windows\System32\drivers\etc atau %Windir%\System32\drivers\etc.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Pada kotak search di Start menu kita ketikkan 'notepad', disana akan muncul beberapa file dan carilah file yang bernama 'notepad' itu sendiri.
  • Pilih file 'notepad' dengan meng-klik kanan dan pilih 'Run as administrator'.
    Cara Mudah Memblokir Website Tertentu di Komputer Windows
  • Arahkan notepad untuk membuka file di C:\Windows\System32\drivers\etc dengan cara klik menu File > Open.
  • Setelah jendela Open file terbuka, isikan C:\Windows\System32\drivers\etc pada kolom File name dengan tipe All files (*.*) setelah itu klik Open.
  • Pilih file 'hosts' dan klik Open lagi.
  • Disana akan terbuka sebuah file teks dengan tampilan seperti berikut.

    Cara Mudah Memblokir Website Tertentu di Komputer Windows
    Secara default, localhost diarahkan ke IP Address 127.0.0.1 yang merupakan localhost itu sendiri. Disini, kita akan mengarahkan website yang hendak kita restrict ke IP Address tersebut agar tidak bisa diakses. Misalkan saja kita akan memblokir situs www.facebook.com ( utuk alamat yang hendak anda blokir, isilah sesuai dengan keinginan anda, disini saya hanya mengambil contoh ). Maka penulisan kodenya sebagai berikut :
127.0.0.1 facebook.com
127.0.0.1 www.facebook.com
Cara Mudah Memblokir Website Tertentu di Komputer Windows
  • Setelah penambahan kode selesai, klik Save dan coba akses alamat www.facebook.com ( atau alamat yang hendak diblokir yang anda masukkan tadi ) dan lihat hasilnya.
Sedikit penjelasan, 127.0.0.1 merupakan localhost atau host lokal dan saat kita mengakses halaman www.facebook.com kita di arahkan ke host lokal 127.0.0.1. Itu artinya kita tidak memiliki akses ke luar untuk alamat yang diarahkan ke localhost. Anda dapat menambahkan lebih dari satu website yang akan diblokir, caranya sama seperti langkah-langkah yang sudah kita lakukan tadi.

Semoga tulisan saya kali ini dapat bermanfaat untuk kawan-kawan semua, jika ada kekurangan atau koreksi maka saya persilahkan untuk menambahkan komentar atau koreksi kawan-kawan di kolom komentar. Terimakasih, salam Customations !.
Baca juga :
  1. 5 Langkah Mudah Mengatasi Komputer yang Mulai Lelet
  2. Cara Download Video dari Youtube Menggunakan Video DownloadHelper
  3. Mencegah Virus Masuk Komputer dengan Menonaktifkan AutoPlay Handler
loading...

0 Komentar Cara Mudah Memblokir Website Tertentu di Komputer Windows

Post a Comment
Back To Top